Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menerima buaya di pangggung kehormatan pawai pembangunan. (seno/humasprov kaltim).
Kaltim

Awang: Kemerdekaan Itu Nikmat yang Wajib Disyukuri

Kaltim. Tidak kurang 335 peserta dari berbagai elemen di Kaltim mengikuti pawai pembangunan dalam rangkaian peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017.

Perhelatan tahunan dimulai dari GOR Segiri Samarinda pada pukul 07.00 WITA dan peserta melewati panggung kehormatan di Jalan Awang Long Samarinda, Sabtu (19/8).

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, mengatakan acara ini bagian dari kemeriahan peringatan kemerdekaan yang telah diraih bangsa Indonesia.

Menurut dia, kemerdekaan merupakan anugerah dan nikmat yang telah diberikan Allah kepada bangsa Indonesia melalui perjuangan mengorbankan jiwa raga sebab itu wajib disyukuri.

“Kemerdekaan ini adalah nikmat yang diberikan Allah karenanya kita wajib bersyukur dan bertekad mengisinya dengan kerja nyata bersama,” katanya.

Salah satu bukti bersyukur kata dia, telah ditampilkan pada pawai pembangunan dimana ditampilkan berbagai capaian pembangunan termasuk program-program yang dilaksanakan. Sebab, dengan kemerdekaan maka masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kaltim dapat melakukan aktivitas tanpa ada gangguan dan ancaman.

“Kita dapat beribadah, berkumpul sanak keluarga di rumah maupun bersosialisasi atau hidup bermasyarakat serta anak-anak ke sekolah dengan rasa aman dan damai tanpa ada ketakutan. Inilah makna nikmat Allah berupa kemerdekaan,” ujarnya.

Dia mengungkapkan banyak masyarakat di berbagai negara di belahan bumi ini yang belum bisa hidup tenang dan damai karena peperangan bahkan masih terjajah.

“Jangankan untuk beribadah tetapi hidup selayaknya maupun beraktivitas sehari-hari merasa tidak aman bahkan selalu merasa terancam kehidupannya karena perang. Namun, Indonesia telah merdeka dan kita bisa melakukan apa saja selama tidak melawan hukum maupun mengganggu ketertiban umum,” ungkapnya.

Karenanya, Awang mengajak seluruh masyarakat Kaltim memanfaatkan kemerdekaan ini dengan penuh kesyukuran dan ikut terlibat membangun dan menjaga kamtibmas di daerah.

Peserta 335 kelompok terdiri SMP/SMA sebanyak 55 kelompok, drumband 39 kelompok, kecamatan 10 kelompok dan kelurahan 59 kelompok, instansi pemerintah/swasta 34 kelompok, umum 57 kelompok dan mobil hias 81 kelompok.

Tampak hadir Sekprov Kaltim Rusmadi, dan Walikota Samarinda Syaharie Jaang, Ketua Panitia HUT Kemerdekaan Meiliana, dan Walikota Bontang Neni Moernaeni. (yans/sul/ri/humasprov)

 

Laporan: Humas Pemprov Kaltim