Pendidikan

Atlet Difabel Bontang Sabet Juara Pornas Soina Riau

Prestasi atlet Soina Bontang (Foto: Yuli)
Prestasi atlet Soina Bontang (Foto: Yuli)

Bontang. Kontingen tuna grahita atau penyandang disabilitas intelektual yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PORNAS) ke-8 Special Olympics Indonesia (Soina) Riau, pada 19 Juli 2018 lalu, berhasil menorehkan prestasi membanggakan. Dan membawa harum nama Bontang di kancah Nasional.

Tiga atlet yang diberangkatkan berhasil meraih juara, masing-masing Muhammad Yavi Esa Mahendra dari SLB Negeri, menyumbangkan medali emas dengan predikat Juara 1 Bowling. Begitupun Amel dari Slb Negeri Bontang, juga mendapat Juara 1 pada cabor Bocce. Sementara Dita Yulianti dari SLB Permata Bunda, berhasil menjadi juara 2 lomba Bowling.

Keberhasilan itu diapresiasi melalui syukuran yang berlangsung di Perumahan Bukit Sekatup Damai. Dihadiri Walikota Bontang Neni Moerniaeni dan Ketua Komisi I DPRD Bontang Agus Haris.

“Saya sangat senang dan bangga bisa mendapatkan juara. Dan saya akan giat berlatih mempersiapkan diri untuk lomba selanjutnya,” kata Esa, salah satu atlet difabel Bontang.

Sementara Guru SLB Negeri Bontang sekaligus pelatih, Yetty Herlyana, pun mengaku bangga atas prestasi yang diraih atlet disabilitas Kota Bontang, setelah masa pembinaan dan pelatihan secara intensif dilakukan pihaknya.

“Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu, mendukung, dan mendoakan para atlet yang bertanding di Pornas Soina Riau,” ujar Yetty.

Kontingen Bontang paling menggugulkan cabor Bowling, pasalnya tidak semua provinsi mampu mengikuti cabang tersebut. Bahkan dari 22 Provinsi yang ikut berpartisipasi, hanya 5 kontingen yang mengikuti lomba tersebut.

“Saya ucapkan selamat dan terimakasih kepada atlet dan pelatih serta tim yang telah menorehkan prestasi untuk Kota Bontang. Kami telah menginstruksikan Disporapar agar memasukkan kebutuhan anggaran melalui APBD untuk atlet berprestasi termasuk atlet difabel di Bontang ini,” papar Walikota Neni.

Senada Agus Haris yang juga Wakil Ketua Pengda Kaltim juga mengaku bangga, dan berpesan agar para atlet difabel lebih giat berlatih. Sehingga kedepan mampu mengharumkan nama Bontang di kancah yang lebih besar.(*)

 

Laporan: Yulianti Basri

Click to comment
To Top