Beli di darat, warga pesisir mengangkut air bersih menggunakan jerigen (Foto: Yuli)
Berita Kota

Atasi Kesulitan Air di Pesisir, PDAM Kaji Desalinasi Air Laut

Bontang. Menanggapi sulitnya akses air bersih bagi empat wilayah pesisir Kota Bontang, dinataranya Melahing, Gusung, Selangan, dan Tihi-tihi. PDAM Tirta Taman pun berencana untuk mengkaji program desalinasi, atau proses pemisahan air laut menjadi tawar.

Desalinasi dilakukan untuk mengurangi kandungan garam terlarut hingga level tertentu, agar air dapat digunakan bagi kebutuhan harian masyarakat. Hal ini diupayakan PDAM, dikarenakan untuk memasang jaringan ke wilayah pesisir dirasa tidak mungkin, disebabkan isolasi akses laut.

“Makanya kami tengah kaji upaya ini, apalagi dari sisi anggaran desalinasi sangat besar. Termasuk biaya pemeliharaan yang juga tinggi. Dan pastinya akan mempengaruhi nilai jual air,” terang Direktur PDAM Tirta Taman Suramin.

Namun begitu, pihaknya kata Suramin, akan tetap mencari solusi terbaik untuk pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga pesisir Bontang. Baik dari sisi pembenahan akses ketersediaan air, maupun keterjangkauan harga beli yang lebih murah bagi 500 kepala keluarga di wilayah pesisir, yang selama ini harus merogoh dalam kocek untuk bisa menikmati air bersih.

“Untuk solusi lainnya tetap kami upayakan, terutama guna mengatasi tingginya harga jual air yang dipengaruhi akses yang sangat jauh dari pusat kota,” tambahnya. (*)

 

Laporan: Yulianti Basri