Pemerintah

Antisipasi Kembalinya Tenda Liar, Aparat Akan Patroli di Beras Basah

Kepala Disporapar Bambang Cipto Mulyono, beri arahan dan pemahaman kepada Pedagang di Beras Basah (Foto: Nasrul)
Kepala Disporapar Bambang Cipto Mulyono, beri arahan dan pemahaman kepada Pedagang di Beras Basah (Foto: Nasrul)

Bontang. Mengantisipasi kembali berdirinya tenda liar hingga WC umum dan tenda jualan semi permanen oleh pedagang di pulau beras basah, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Bontang akan menggelar patrol rutin mulai pekan depan.

Patroli tersebut masih dalam tahap koordinasi bersama sejumlah pihak terkait, diantaranya Kepolisian, TNI Angkatan Laut, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang.

“Jika ada pedagang yang bandel dan kembali membangun tenda, tim patroli berhak untuk langsung membongkar,” ujar Kepala Disporapar Bambang Cipto Mulyono, saat penertiban tenda liar di Beras Basah. Kamis (12/4) pagi.

Namun begitu ia berharap pedagang yang ada di Pulau Beras Basah, dapat memahami aturan dan kebijakan pemerintah terkait pengelolaan destinasi wisata. Guna menciptakan kenyamanan serta minat pengunjung untuk terus datang ke Beras Basah, sehingga berdampak pada peningkatan sektor pariwisata Bontang.

“Kita harus prioritaskan kenyamanan pengunjung, agar potensi wisata Bontang bisa lebih ditingkatkan kedepannya. Hal ini kami harap bisa menjadi perhatian pedagang di Beras Basah,” tambahnya.

Baca Juga: Puluhan Tenda Liar di Beras Basah Ditertibkan Aparat

Senada, Komandan Pos Angkatan Laut Bontang Letnan II M Ronzi, mengapresiasi penertiban Beras Basah oleh Pemerintah Kota. Dirinya pun menyatakan kesiapan, jika diminta untuk membantu pelaksanaan patroli pemantauan Beras Basah.

“Kami siap membantu dan mendukung patroli di Beras Basah, agar tidak ada pedagang nakal yang membangun tenda sehingga membuat kawasan terkesan kumuh,” ungkapnya.

Seluruh sisa material tenda usai pembongkaran langsung dilakukan pembersihan, dan kondisi pun menjadi kontras dengan sebelumnya. Tidak ada lagi tenda liar, dan beras basah nampak lebih asri. (*)

Baca Juga: Tendanya Dibongkar, Pedagang Beras Basah Ngaku Rugi Puluhan Juta

 

Laporan: Yuli | Nasrul

Click to comment
To Top