Berita Kota

Antisipasi Bahaya Kebakaran, disdamkartan gelar sosialisasi

peserta sosialisasi dan pelatihan mencoba memadamkan api menggunakan APAR (foto: faisal/pktv)

Bontang. Setelah sebelumnya menggelar pelatihan penanganan kebakaran di kelurahan Bontang Baru pada Juni 2019, kembali Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Bontang bersama Kelurahan Gunung Elai pada Selasa (16/7/2019), menggelar Sosialisasi Tentang Pencegahan dan Bahaya Kebakaran kepada para Ketua RT dilingkungan Kelurahan Gunung Elai.

Sosialisasi tersebut merupakan upaya Disdamkartan Bontang untuk memberikan pemahaman dan cara mengantisipasi bahaya kebakaran yang benar dan aman. Saat ini Disdamkartan gencar menggelar sosialisasi dan pelatihan kepada seluruh masyarakat kota Bontang, seperti yang dilakukan di Kelurahan Gunung Elai. Dimana para ketua RT serta ibu–ibu Pengurus PKK turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. 

Selain memberikan edukasi, pada pelatihan tersebut, Disdamkartan juga melakukan latihan langsung berupa cara memadamkan kompor yang sedang terbakar, cara memadamkan api dari tabung gas yang mengalami kebocoran, serta cara penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Lurah Gunung Elai Kasful anwar menyambut baik sosialisasi yang diadakan oleh Disdamkartan Bontang tersebut. Dia berharap dengan adanya sosialisasi tersebut maka musibah kebakaran dapat dicegah.

“Kegiatan berupa sosialisasi yang dirangkai dengan pelatihan langsung tersebut merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat guna mencegah terjadinya musibah kebakaran,” ungkapnya.

Sementara itu, Alimuddin selaku Ketua RT 04 Kelurahan Gunung Elai yang turut ambil bagian dalam pelatihan tersebut sangat menyambut baik dan dinilai pelatihan tersebut.

“Semoga sosialisasi dan pelatihan ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan khususnya penggunaan alat–alat untuk memadamkan api,” harapnya.

Kepala Seksi Penyelamatan Disdamkartan Bontang Anas Taneng, dalam kesempatan tersebut berharap adanya peran aktif dan partisipasi masyarakat dalam berkomunikasi kepada pihak disdamkartan.

“Kami berharap warga dapat memberikan laporannya apabila mengetahui adanya kejadian maupun hal–hal lainnya yang dapat menimbulkan keresahan dilingkungannya masing–masing,” tegasnya.

Laporan: Faisal

Click to comment
To Top