Corporate

Anak Usaha PI Group Belajar Tata Kelola Comdev di Pupuk Kaltim

Tim CSR anak usaha PI Group melihat langsung binaan Pupuk Kaltim di perkampungan nelayan Malahing (Foto: Mansur)
Tim CSR anak usaha PI Group melihat langsung binaan Pupuk Kaltim di perkampungan nelayan Malahing (Foto: Mansur)

Bontang. Anak perusahaan Pupuk Indonesia Group, diantaranya Pupuk Sriwijaya (Pusri) Palembang, Petro Kimia Gresik, dan Pupuk Kujang Cikampek (PKC) lakukan studi banding dan Knowledge Sharing ke Pupuk Kaltim, tentang tatakelola Community Development dan ISO 26000 tentang tanggung jawab sosial perusahaan. Rabu, 4 Juli 2018.

Rombongan turut didampingi Vice President Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Pupuk Indonesia Wahyu Suprianto, dan diterima General Manager Umum Pupuk Kaltim Nur Sahid bersama tim CSR perusahaan.

Dikatakan Wahyu Supriyanto, kunjungan ini kelanjutan dari kegiatan workhop yang sebelumnya telah dilaksankan di Universitas Gajah Mada (UGM), berkaitan dengan pengelolaan Comdev untuk mendapatkan proper emas nasional.

“Dengan harapan, tahun 2018 ini anak perusahaan Pupuk Indonesia dapat menyusul Pupuk Kaltim mendapat proper emas nasional,” ujarnya.

Sementara Nur Sahid menyambut baik kunjungan ini, yang mengatakan proper emas Pupuk Kaltim telah melalui proses yang cukup panjang. Dimana sebelumnya selama 3 tahun Pupuk Kaltim hanya bertahan di level hijau.

“Namun dengan komitmen kuat dari seluruh karyawan dan manajemen, tahun 2017 Pupuk Kaltim berhasil meraih proper emas nasional,” katanya.

Kunjungan ini turut menghadirkan Hendrie Adji Kusworo, selaku narasumber pendamping proper Pupuk Kaltim dari UGM. Ia menyampaikan pemaparan tentang inovasi untuk pengembangan masyarakat terkait pembangunan sosial berkelanjutan.

Kunjungi Program CSR Unggulan Pupuk Kaltim

Usai diterima di ruang rajawali Kantor Pusat Pupuk Kaltim, Rombongan anak perusahaan Pupuk Indonesia Group melakukan kunjungan lapangan guna melihat langsung program CSR unggulan Pupuk Kaltim, yang mampu mengantarakan perusahaan meraih proper emas tahun 2017 lalu.

Kunjungan lapangan di damping Vice President PKBL Pupuk Indonesia Wahyu Supriyanto, dan Manager Departemen CSR Pupuk Kaltim Dwi Pudyasmoro. Diawali dengan mendatangi rumah toga Enggang Herbal, di RT 6 Kelurahan Guntung Bontang Utara.

Melalui program ini, Pupuk Kaltim memberikan kontribusi dalam peningkatan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat, serta ikut melestarikan lingkungan alam. Rombongan pun melihat langsung berbagai jenis tanaman obat yang ada di rumah toga binaan Pupuk Kaltim, yang mulai launching 18 Desember 2015 lalu.

Tak lupa dalam kesempatan ini rombongan juga membeli berbagai jenis hasil olahan rumah Toga Enggang Herbal sebagai oleh-oleh.

Rombongan kemudian melihat langsung rumah produksi Pupuk Organik Kompos milik Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Mekar Sari binaan Pupuk Kaltim, di RT 7 Jl Tari Gantar Kelurahan Guntung.

Pada program ini Pupuk Kaltim mampu mengantarkan KUBE Mekarsari menuju kemandirian masyarakat, dan rombongan melihat langsung aktivitas produksi kompos oleh para ibu rumah tangga yang menjadi anggota kelompok.

Selanjutkan kunjungan dilanjutkan ke Inkubator Bisnis Permata Bunda, di Jl Ahmad Yani Gang Aren Kelurahan Api-api Bontang Utara. Melalui program ini Pupuk Kaltim berhasil meningkatkan kemandirian sosial dan ekonomi anak berkebutuhan khusus (ABK)

Sementara hari ke-2, Kamis (5/7) rombongan juga melihat langsung program CSV Keramba Jaring Apung (KJA) budidaya kerapu dan Lobster di perairan Tanjung Limau. Dilanjutkan ke Kampung Malahing Kelurahan Tanjung Laut Indah Bontang Selatan.

Melalui program Better Living in Malahing, Pupuk Kaltim berhasil merubah Kampung Malahing dari sebelumnya yang kumuh dan kotor, menjadi kampung yang indah dan sehat. Sekaligus memajukan kehidupan sosial dan perekonomian masyarakat menjadi lebih baik.

“Kami berharap apa yang didapat dalam kunjungan ini dapat menjadi bekal bagi anak perusahaan Pupuk Indonesia Group, guna memperbaiki pelaksanaan Comdev sekaligus menyusul Pupuk Kaltim meraih proper emas nasional,” ujar Wahyu Supriyanto. (*)

 

Laporan: Mansur

Click to comment
To Top
No announcement available or all announcement expired.