Kesehatan

Akupresur, Solusi Penyembuhan Penyakit Ringan

pelatihan Akupresur bersama Puskesmas Bontang Utara 2 (Foto: Faisal)
pelatihan Akupresur bersama Puskesmas Bontang Utara 2 (Foto: Faisal)

Bontang. Media pengobatan alternatif menjadi salah satu pilihan penyembuhan penyakit dewasa ini, yang banyak diminati masyarakat. Satu diantaranya, terapi pijat akupresur.

Akupresur merupakan teknik penyembuhan tradisional dari cina, dengan sistem metode yang menitik beratkan pada penekanan titik syaraf pada tubuh.

Penekanan titik syaraf inilah yang diklaim mampu untuk mengobati berbagai keluhan, khususnya penyakit ringan seperti pusing, migraine, pegal, dan keseleo.

“Pada dasarnya metode akupresur sama dengan cara yang digunakan pada terapi akupuntur. Hanya saja akupresur tidak menggunakan jarum,” ujar Pejabat program Pelayanan Kesehatan Tradisional dan Komplementer (Yankestradkom) Puskesmas Bontang Utara 2, Norhamidah. Saat pelatihan akupreseur bagi mitra binaan Pupuk Kaltim, Selasa (17/4) pagi.

Adapun titik-titik akupresur terletak pada kedua telapak tangan dan kaki, dengan beberapa titik yang terhubung pada sejumlah organ tubuh seperti jantung, paru, ginjal, hati, kelenjar tiroid, pancreas, sinus, hingga otak.

Akupresur juga dipercaya dapat merangsang keluarnya hormon endorphin, yang merupakan pereda nyeri alami. Meningkatkan sirkulasi dalam tubuh, dan meredakan ketegangan pada otot.

“Cepat atau lambatnya penyembuhan penyakit dengan metode akupresur, tergantung dari berat atau tidaknya penyakit tersebut,” tambah Norhamidah.(*)

 

Laporan: Sary | Faisal

Click to comment
To Top