Pendidikan

Ajarkan Demokrasi, SMP YPK Pilih Ketua OSIS Lewat Surat Suara

Kepala SMP YPK Sinto (kanan) bersama Komisioner KPU Bontang Safaruddin (kiri) saat meninjau proses pemungutan suara Ketua OSIS (Foto: Mansur)
Kepala SMP YPK Sinto (kanan) bersama Komisioner KPU Bontang Safaruddin (kiri) saat meninjau proses pemungutan suara Ketua OSIS (Foto: Mansur)

Bontang. SMP Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) pilih Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) baru, masa bakti 2018-2019. Pemilihan dilaksanakan melalui surat suara, dengan berbagai tahapan layaknya pesta pemilihan kepala daerah. Senin, 10 September 2018.

Kali ini ada 3 pasangan kandidat Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS, tahap debat yang disaksikan para siswa, guru, serta tamu undangan. Tampak hadir pada kesempatan itu pengurus yayasan, anggota KPU Bontang Safarudin, Ketua Bawaslu Bontang Nasrullah, anggota DPRD Bontang Abdul Malik, serta perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bontang.

Melalui debat, tiap pasangan calon (Paslon) menyampaikan visi misi, dengan panelis para guru, pengurus OSIS sebelumnya, serta undangan. Bahkan kemampuan tiap paslon langsung diuji, salah satunya dengan pertanyaan berbahasa inggris.

Debat Kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP YPK (Foto: Mansur)

Diungkapkan Kepala SMP YPK Sinto, pemilihan OSIS SMP YPK telah melalui tahapan yang dimulai sejak 3 Agustus lalu. Diantaranya pendaftaran yang diikuti 120 peserta, tes tertulis, tes kemampuan bakat, dan tes wawancara. Hingga akhirnya terpilih 3 pasangan calon terbaik, untuk mengikuti tahap debat kandidat.

“Sebelum pemungutan suara, paslon juga mengumpulkan tim sukses masing-masing untuk kampanya ke kelas. Dengan menyampikan visi misi terkait kepengurusan OSIS kedepannya,” ujar Sinto.

Melalui cara ini diharap Sinto, dapat mengajarkan demokrasi sejak dini kepada siswa. Serta mengajarkan sifat menghargai adanya perbedaan pilihan.

Semntara Ahmad Rahmanto, panitia pemilu OSIS SMP YPK mengatakan selain mengenalkan demokrasi, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong siswa untuk tidak alergi dengan politik. Serta dapat menggunakan hak pilih jika telah mencukupi persyaratan pada pemilu yang sesungguhnya.

Proses Pemungutan Suara Pemilihan Ketua OSIS SMP YPK (Foto: Mansur)

Hal ini pun diapresiasi Komisioner KPU Bontang Safaruddin. Dirinya menyebut hal ini dapat memberi pemahaman langsung kepada siswa tentang arti demokrasi. Sehingga diharap kedepan mereka dapat menggunakan hak suara dengan bijak.

“Kami juga mendorong sekolah lain di Bontang untuk dapat melaksanakan hal yang serupa, dan KPU siap mendampingi pelaksanaannyam: kata Safaruddin.

Adapun 3 pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS SMP YPK kali ini diantaranya Amar Ghozy Tanumijaya dan Naila Khanza Fadhilah pada nomor urut 1. Dhafa Tri Farizan dan Faya Shania Fakhana dengan nomor urut 2. Haykal Fikri Rabbani dan Zenia Nadia Rifani Putri, pasangan nomor urut 3.

Seluruh warga sekolah tampak antusias menggunakan hak pilihnya, dan mengikuti tahap pencoblosan. Secara bergantian para siswa melakukan pendaftaran, mencoblos, hingga celupkan jari dalam tinta pada 4 tempat pemungutan suara (TPS) yang disediakan.(*)

 

Laporan: Mansur

Click to comment
To Top