Ekonomi

Ada Dua Ribu Pengangguran Baru di Bontang, Dominasi Lulusan SMA

Bontang. Jumlah angka pengangguran Kota Bontang mengalami peningkatan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), selama kurun waktu 2014-2015 tercatat angka pengangguran kota taman bertambah sebesar 2.130 jiwa.

Jumlah pengangguran pada 2014 sebesar 7.095 jiwa, naik menjadi 9.225 jiwa pada tahun 2015. Mengalami kenaikan sebesar 2,46 persen, dari 9,38 persen menjadi 11,84 persen. Angka tersebut di dominasi pencari kerja lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dari data yang ada, penganggur dengan latar pendidikan ijazah SMA mencapai 67,51 persen, disusul lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebesar 11,94 persen, kemudian lulusan perguruan tinggi 7,99 persen, dan lulusan sekolah dasar (SD) mencapai 7,62 persen. Sementara untuk pencari kerja tidak tamat SD mencapai 4,95 persen.

“Itu berdasarkan data BPS sepanjang tahun 2014 hingga tahun 2015 lalu,” ujar Kepala BPS Bontang Basiran Suwandi.

Dijelaskan Basiran, peningkatan jumlah pengangguran disebabkan beberapa faktor, salah satunya daerah mempunyai potensi kesempatan kerja yang lebih tinggi. Dimana Bontang tercatat sebagai kota dengan pertumbuhan per kapita tertinggi di Indonesia, dan dikenal sebagai kota industri dengan adanya dua perusahaan raksasa.

“ Banyak pendatang yang mencoba peruntungan mencari lapangan pekerjaan, namun sayang sebagian dari mereka tidak ditunjang dengan skill atau keterampilan yang mumpuni. Hal ini yang kemudian menjadi pemicu bertambahnya angka pengangguran,” ucap Basiran.

Untuk itu, ia mengharap peran berbagai pihak baik pemerintah maupun stakeholder, dapat menunjang keterampilan para pencari kerja melalui pembinaan maupun pelatihan kerja. Sehingga saat dibutuhkan, para pencari kerja dapat memenuhi ketentuan dan kualifikasi yang dicari oleh penyedia lapangan kerja atau perusahaan.

“Itu salah satu cara yang bisa ditempuh dalam mengatasi tingginya jumlah pengangguran di Kota Bontang ini,” tambahnya.

Kenaikan jumlah pengangguran ini selaras dengan peningkatan jumlah penduduk usia produktif di Kota Bontang, mencapai 111.011 jiwa pada tahun 2015, jika dibandingkan dengan tahun 2014 yang hanya sebesar 108.481 jiwa.(*)

 

Laporan : Yuli & Nasrul

Editor : Maya Ch

Click to comment
To Top