Berita Kota

Ada 218 Jiwa Penderita Kanker Di Bontang

Bontang. Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang mengungkapkan sebanyak 218 jiwa menjadi penderita kanker di Kota Bontang. Hal ini berdasarkan rekapitulasi Dinkes Bontang sejak Januari hingga Oktober 2015.

Angka ini jelas Kepala Dinkes Bontang, Indriati As’ad hanya sebatas jumlah penderita yang berhasil di data pihaknya, dan diperkirakan masih banyak penderita kanker yang belum masuk dalam daftar tersebut ada di Kota Bontang.

“Ini baru data sementara dari pihak kami saja, kalau lebih didata lagi, mungkin masih ada penambahan jumlah yang belum masuk daftar Dinas Kesehatan,” paparnya.

Melihat hal itu, Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Bontang, Najirah Adi Darma mengharap masyarakat untuk dapat melakukan pendeteksian kanker sejak dini, melalui pemeriksaan rutin.

Begitupun dengan Dinas Kesehatan diharap untuk dapat melaksanakan kegiatan serupa secara berkesinambunagn, seperti halnya pemeriksaan Papsmear dan IVA, minimal 2 kali dalam satu tahun.

“Kalau ada pemeriksaan secara rutin, baik oleh masyarakat sendiri maupun oleh Pemerintah, angka penderita bisa kita ketahui dengan pasti. Dan jelas dapat kita tekan serta antisipasi sejak dini,” ungkapnya.

 

Laporan : Sary & Laksono

Editor : Revo Adi M

Click to comment
To Top