Pemerintah

98 % Musrenbang Bontang Selatan Didominasi Usulan Fisik

Musrenbang tingkat Kecamatan Bontang Selatan di Balai Pertemuan Umum(foto:faisal)
Musrenbang tingkat Kecamatan Bontang Selatan di Balai Pertemuan Umum(foto:faisal)

Bontang. Musyawarah perencanaan pembangunan, Musrenbang tingkat Kecamatan Bontang Selatan digelar pada Kamis, (21/2/2019) bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Bontang Selatan.

Rapat koordinasi untuk menentukan usulan prioritas dalam rencana pembangunan Kota Bontang di tahun 2020 ini, membahas hasil Musrenbang tingkat kelurahan yang di gelar beberapa waktu  lalu. Pada Musrenbang kali ini, usulan pembangunan infrastruktur kembali mendominasi dibandingkan usulan di bidang ekonomi, sosial dan budaya.

Tak tanggung – tanggung dari total 360 usulan yang berasal dari 6 kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Bontang Selatan, sebanyak 353 diantaranya merupakan usulan pembangunan fisik sedangkan tujuh sisanya merupakan usulan dibidang ekonomi, sosial dan budaya.

Dikatakan camat Bontang Selatan Syarifuddin, berbagai usulan yang dilayangkan oleh 6 kelurahan yang ada di wilayah Bontang Selatan pada dasarnya merupakan usulan yang sudah pernah diusulkan sebelumnya namun belum diakomodir. Oleh karenanya pada Musrenbang kali ini diharapkan usulan – ususlan yang telah bertahun – tahun diusulkan dapat diakomodir dan direalisasikan. Salah satunya yakni usulan terkait pembebasan lahan untuk kantor kelurahan Satimpo yang sejak 5 tahun lalu diusulkan namun tak kunjung terealisasi.

Lebih lanjut Safaruddin menyampaikan, pelaksanaan Musrenbang ini untuk menyelenggarakan dan menjembatani usulan kelurahan ke tingkat kota dengan skala prioritas.

“Nantinya selain mengandalkan dana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Bontang, pembangunan juga bisa dilakukan dengan menggunakan anggaran Pokok Pikiran (Pokir) DPRD serta dana CSR perusahaan,” jelas Syarifuddin

Sementara itu, sekretaris Badan Perencanaan Penelitian Dan Pembangunan (Bapelitbang) Kota Bontang, Sudi Priyanto, menyampaikan musrenbang ini jangan hanya dijadikan agenda rutinitas semata, namun dimanfaatkan sebaik – baiknya untuk merumuskan usulan – usulan pembangunan prioritas masyarakat.

Lebih lanjut Sudi, juga mengajak enam kelurahan di Kecamatan Bontang Selatan untuk membuat dan merumuskan skala prioritas.

“Beberapa mengarah pada program pemerintah Kota Bontang yakni Green City, Smart City dan Creative City,” ujarnya.

Dari hasil Musrenbang tingkat Kecamatan Bontang Selatan ini, nantinya segala usulan yang telah disepakati oleh delegasi dari masing – masing kelurahan akan disampaikan pada kegiatan Musrenbang tingkat kota. (*)

 

Laporan: Sary | Faisal

Click to comment
To Top