Pendidikan

66 Lembaga PAUD dan PNF Ditarget Terakreditasi Tahun Ini

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bontang, Ahmad Suharto (Foto: Faisal)

Bontang. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bontang menargetkan 66 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) dapat terakreditasi tahun ini. Guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan program PAUD dan PNF di masyarakat.

Pasalnya, akreditasi merupakan salah satu jaminan mutu yang tidak hanya diwajibkan kepada satuan pendidikan formal, namun juga kepada lembaga PAUD dan PNF.

Disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bontang, Ahmad Suharto, hingga Februari 2018, jumlah lembaga PAUD dan pendidikan non formal telah mencapai 226 lembaga, tersebar di 15 Kelurahan.

Dan sejak 2014 hingga 2017, terdapat 125 lembaga diantaranya berhasil memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN)

“Sisanya, akan terus kami upayakan untuk segera memperoleh akreditasi,” ujar Akhmad Suharto, saat menghadiri bimbingan teknis akreditasi PAUD dan pendidikan non formal di aula SMA YPK, 28 Februari 2017.

Ditambahkannya, salah satu upaya yang dilakukan Dinas Pendidikan untuk akreditas tersebut, diantaranya bimbingan hingga pendampingan secara terencana dan berkelanjutan.

“kami target, PAUD serta PNF di Kota Bontang dapat terakreditasi seratus persen tahun 2019 mendatang,” tambahnya.

Khusus tahun ini, Ahmad Suharto berharap 66 lembaga yang terdiri dari PAUD, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) bisa lolos akreditasi berbasis online, melalui sistem informasi penilaian akreditasi (Sispena), yang akan dibuka mulai Maret hingga Juli 2018 mendatang.(*)

 

Laporan: Sary | Faisal

Click to comment
To Top