Corporate

459 Peserta Ikuti Seleksi Magang Nasional Pupuk Kaltim

Penempatan 6 Bulan di Seluruh Unit Kerja Perusahaan dengan Sistem Pendampingan
Manager Diklat Pupuk Kaltim Tahtit Surya Arjanggi membuka langsung tes kemampuan akademik program Magang Nasional (Foto: Humas Pupuk Kaltim)
Manager Diklat Pupuk Kaltim Tahtit Surya Arjanggi membuka langsung tes kemampuan akademik program Magang Nasional (Foto: Humas Pupuk Kaltim)

Bontang. PT Pupuk Kalimantan Timur kembali membuka Program Magang Nasional tahun 2018, diawali tes kemampuan dasar (akademik) yang diikuti 459 peserta dari lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Diploma, dan Strata-1 dengan berbagai jurusan. Kegiatan berlangsung di SMA Yayasan Pupuk Kaltim, Selasa, 12 Juni 2018.

Para peserta seleksi merupakan pendaftar yang dinyatakan lolos berkas administrasi, sesuai seleksi awal yang dilaksanakan Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTK-PTSP) Kota Bontang.

Dijelaskan Manager Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pupuk Kaltim Tahtit Surya Arjanggi, seleksi kali ini merupakan tahap pertama Program Magang Nasional tahun 2018, yang akan berlangsung selama 6 bulan pada berbagai unit kerja di Pupuk Kaltim.

Program ini sesuai instruksi Pemerintah Pusat, dalam mempersiapkan sumberdaya manusia yang andal dengan kompetensi yang layak, agar memiliki kesiapan saat menghadapi dunia kerja. Bagian dari target 1,4 juta peserta se-Indonesia tahun 2019, dengan keterlibatan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Pemerintah Daerah.

“Jadi setelah program ini, para peserta magang diharap menjadi tenaga skill dengan kemampuan yang siap pakai saat memasuki dunia kerja,” ujar Tahtit.

Hal ini pun sebagai wujud kepedulian dan keikutsertaan Pupuk Kaltim dalam mempersiapkan tenaga kerja yang andal dan profesional, khususnya warga Bontang. Agar memiliki kemampuan dan menjadi tenaga skill yang andal sesuai kebutuhan dunia kerja.

Apalagi dalam waktu dekat akan banyak proyek di Kota Bontang, salah satunya pembangunan Kilang Refinery milik Pertamina di Bontang Lestari. Maka dari itu, butuh kesiapan tenaga kerja lokal, agar mampu bersaing dengan tenaga skill pada tingkat keandalan dan profesionalitas.

“Pupuk Kaltim tidak ingin berdiam diri melihat tenaga lokal menjadi penonton di daerah sendiri. Maka dari itu kami membuka program ini, agar warga Bontang juga memiliki kemampuan dan kesempatan yang sama untuk bekerja di perusahaan serta proyek yang ada,” lanjutnya.

Selama pelaksanaan magang, para peserta akan dibimbing dan didampingi langsung secara intensif oleh instruktur pada tiap unit kerja di Pupuk Kaltim. Agar peserta dapat menyerap ilmu sesuai dengan kemampuan dan kapasitas yang dimiliki. Sehingga saat pemagangan selesai, tiap peserta akan benar-benar menjadi tenaga yang siap pakai.

“Pelaksanaannya juga disesuaikan dengan kemampuan tiap unit kerja. Misal Departemen A bertanggungjawab membimbing tingkat lulusan yang mana, dan ditempatkan dimana saja. Sebab kami juga menyiapkan pembimbing khusus selama magang berlangsung,” terang Tahtit.

Dari seluruh peserta seleksi, Pupuk Kaltim kata Tahtit, akan menerima 59 peserta magang, ditentukan hasil tes kemampuan dasar dan tes wawancara pada 25 Juni 2018. Seluruh unit kerja di Pupuk Kaltim dipastikan mengakomodir seluruh peserta, diluar bagian Keuangan dan Pemeliharaan.

“Dua unit kerja itu rencananya akan diakomodir pada tahap 2 di awal 2019 nanti,” tandasnya.

Sementara Wakil Kurikulum SMA YPK Ismuji, selaku Ketua Panitia Tes Kemampuan Dasar mengatakan, seluruh peserta merupakan warga asli Bontang, dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP-el) saat pendaftaran dan seleksi berkas.

Secara rinci, untuk tingkat SMA ada 238 peserta, Diploma 46 peserta, dan Strata-1 175 peserta. Dibagi dalam 21 ruangan kelas, dan 1 auditorium. Dengan jumlah peserta maksimal 20 orang pada tiap ruangan.

Hasil tes kemampuan dasar ini pun akan menjadi rekomendasi kepada Pupuk Kaltim dan DMPTK-PTSP Bontang, yang akan melaksanakan tes selanjutnya bagi para calon peserta magang.

“SMA YPK hanya bertugas untuk tes kemampuan dasar saja. Hasil tes ini selanjutnya akan kami sampaikan ke Pupuk Kaltim yang akan melaksanakan seleksi lanjutan guna penentuan peserta yang diterima,” paparnya.(*)

 

Laporan: Revo Adi M

Click to comment
To Top