Corporate

30 Warga Malahing Ikut Pelatihan Pembuatan Kompos Organik

Para peserta pelatihan pembuatan kompos di pesisir Malahing (Foto: Nasrul)
Para peserta pelatihan pembuatan kompos di pesisir Malahing (Foto: Nasrul)

Bontang. PT Pupuk Kalimantan Timur kembali menunjukkan kepedulian bagi warga pesisir Malahing, dengan sosialisasi dan cara pembuatan kompos organik. Pelatihan bekerjasama dengan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Mekar Sari Keluarahn Guntung, diikuti 30 peserta dari perwakilan masyarakat Malahing. Kamis, 12 Juli 2018.

Pelatihan ini tak hanya berkenaan pada bidang lingkungan, namun juga menyangkut pemberdayaan masyarakat Malahing. Pelatihan pembuatan kompos organik menjadi salah satu langkah untuk tetap menjaga lingkungan pesisir tetap bersih, dan volume sampah yang diangkut ke darat dapat berkurang.

“Disamping itu, kegiatan ini juga diharap memberikan nilai tambah bagi warga Malahing,” ujar Irma Safni, Koordinator Pelaksana Kegiatan.

Khusus pelatihan ini, Pupuk Kaltim membentuk tim khusus lingkungan, yang terdiri dari tim Departemen CSR, Departemen Lingkungan Hidup, dan laboratorium.

Sementara Ketua KUBE Mekar Sari Rahmawati, selaku pemateri memaparkan tujuan hingga manfaat yang didapatkan dari pengolahan kompos. Pembuatan kompos kata dia, menggunakan limbah rumah tangga atau sampah organik seperti sisa makanan, sayuran, dan buah-buahan.

“Hasil kompos bisa digunakan untuk menanam sayur di rumah masing-masing, dan juga dapat dipasarkan. Sehingga peserta mendapat penghasilan tambahan dari pengomposan,” terangnya.

Kegiatan ini turut dihadiri pendamping KUBE Mekar Sari dari Yayasan Bina Kelola Lingkungan (Bikal) Kota Bontang, yang juga memberikan materi cara pembuatan kompos sampah organik.(*)

 

Laporan: Yuli | Nasrul

Click to comment
To Top