Pemerintah Topik

30 Desember Mendatang, Mutasi Jabatan Dipastikan Bergulir

Bontang. Pemerintah Kota Bontang pastikan pelaksanaan mutasi dan rotasi pejabat pemerintahan pada Jumat 30 Desember 2016 mendatang. Utamanya diperuntukkan bagi seluruh pejabat eselon II hingga jajaran staf.

Kepastian tersebut disampaikan langsung Walikota Neni Moerniaeni, sesaat setelah Sidang Paripurna penetapan APBD Bontang tahun 2017, di auditorium eks Kantor Walikota Bontang, Jumat 23 Desember 2016.

Menurut Neni, mundurnya jadwal mutasi dan rotasi yang semula akan berlangsung Kamis 29 Desember 2016, dikarenakan terbentur jadwal puasa sunnah pejabat. Sehigga khawatir kondisi pejabat dan pegawai negeri sipil (Pns) kelelahan harus berdiri selama berjam-jam. Mengingat mutasi dan rotasi akan dilakukan kepada 500 lebih jabatan yang ada, pada struktur organisasi dan tata kerja baru.

“Atas pertimbangan itu makanya kami sepakat untuk mundurkan jadwal ke hari Jumat 30 Desember 2016,” ucap Neni.

Kemungkinan besar, lanjut Neni, jadwal mutasi di lingkup Pemkot Bontang akan berjalan serentak dengan berbagai daerah lainnya di Indonesia. Hal itu mengingat koordinasi yang harus dilakukan pemerintah daerah dengan pemerintah pusat, terkait Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru.

“Kemungkinan saja itu terjadi. Kalau kita kan sebenarnya karena memang terbentur program puasa sunnah senin-kamis yang dicanangkan Pemkot Bontang. Makanya diundur,” tambahnya.

Siapapun yang nantinya akan mengisi posisi strategis di jajaran birokrasi Pemerintah Kota Bontang, dipastikan Neni Moerniaeni merupakan orang yang tepat ditempat yang tepat.

“Makanya kenapa saya katakan right man on the right place. Sebab siapapun terkena mutasi ke tempat yang baru, kami menilai karena pejabat tersebut kami nilai sangat cocok berada di instansi tersebut,” pungkasnya. (*)

 

Laporan : Sary & Aris