Bessai Berinta

2018 Angka Kemiskinan Bontang Turun Ratusan Jiwa

kantor bps kota bontang di jalan awang long bontang utara (foto:aris)
kantor bps kota bontang di jalan awang long bontang utara (foto:aris)

Bontang. Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bontang mencatat jumlah angka kemiskinan di Kota Bontang pada tahun 2018 mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2017 lalu. Pasalnya dalam rilis yang dikeluarkan oleh BPS Bontang menyebutkan jumlah penduduk miskin di Bontang mengalami penurunan sebanyak 649 jiwa.

Kepala BPS Bontang, Srie Sis Sugianto, menjelaskan berdasarkan pendataan yang dilakukan pihaknya pada Maret 2018 lalu ditemukan jika data kemiskinan Kota Bontang pada 2018 berada di angka 8.100 jiwa atau sebesar 4,67 % dari total jumlah penduduk Kota Bontang.

“Jumlah ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan data penduduk miskin Kota Bontang pada 2017 lalu yang berada di angka 8.749 jiwa atau sebesar 5,16 % dari total jumlah penduduk Bontang,” terang Sis Sugianto.

Lebih lanjut disampaikan Sis Sugianto, penurunan angka kemiskinan ini terjadi karena peran serta masyarakat dan pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan melalui berbagai terobosan baru yang telah dilakukan.

“Tidak mudah untuk menanggulangi persoalan kemiskinan yang notabenenya merupakan masalah sosial yang lebih sulit dari masalah lainnya,” Sis Sugianto.

Untuk diketahui, data berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional Kota Bontang  pada  Maret 2018 dengan sampel survei pada 20 hari masa kerja. (*)

 

Laporan: Yahya | Aris

 

Click to comment
To Top