Bessai Berinta

190 Pelajar Ikut Seleksi Paskibra

peserta mengikuti tes tertulis seleksi paskibra di kantor dispopar (foto:yuli)
peserta mengikuti tes tertulis seleksi paskibra di kantor dispopar (foto:yuli)

Bontang. Sebanyak 190 pelajar SMA/sederajat se-Kota Bontang mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) perayaan HUT kemerdekaan RI tahun ini di kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Selasa, (2/4/2019).

Seleksi Paskibra yang dibuka langsung oleh wakil wali kota Bontang Basri Rase diikuti oleh 190 peserta terdiri dari 101 siswa putra dan 89 peserta putri. Selanjutnya dari jumlah tersebut kemudian diseleksi menjadi pasukan inti sebanyak 41 orang untuk bertugas di Kota Bontang dan 4 siswa bertugas di Provinsi Kalimantan Timur.

Seleksi terdiri dari seleksi fisik yakni pengukuran tinggi dan berat badan, tes tertulis dan tes psikologi, tes parade, tes PBB, tes Samapta, tes MCU dan tes penentuan akhir (Panthuhir).

Dikatakan kepala Dispopar Bontang, Bambang Cipto Mulyono bahwa dari 26 sekolah yang ada di Bontang, hanya 19 sekolah yang mengirimkan perwakilannya. Adapun tim seleksi terdiri dari Kodim 0908, Polres Bontang, Den Arhanud Rudal 002, dinas kesehatan, himpunan psikolog Kota Bontang, Dispopar dan purna Paskibraka Indonesia.

“Seleksi tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, karena melibatkan langsung setiap sekolah, untuk menyeleksi dan mengirimkan 20 perwakilan siswa-siswinya. Dengan latar belakang akademik yang baik, aktif dalam kegiatan kesiswaan, dan memiliki jiwa yang humble, energik, serta berpenampilan menarik,” Jelas Bambang.

Sementara, Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase, mengatakan bahwa siapapun yang terpilih nantinya,  merupakan wakil Bontang terbaik yang diharapkan dapat terus berlatih dengan giat.

“Menjadi Paskibra tidak hanya dituntut memiliki kesehatan jasmani, tetapi juga harus memiliki semangat nasionalisme dan cinta tanah air yang tinggi,” Kata Basri.

Selain menyaring dan memilih anggota Paskibra yang handal seleksi ini juga dilakukan dalam upaya menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, nasionalisme, dan patriotisme kepada generasi muda penerus bangsa sehingga generasi muda mampu menerima estafet kepemimpinan. (*)

 

Laporan: Yulianti Basri

Click to comment
To Top