Berita Kota

15 Mustahik Pulau Gusung Terima Zakat Dari Pupuk Kaltim

Genaral Manajer Umum Pupuk Kaltim sekaligus Ketua Unit Pengumpul Zakat Nur Sahid berikan langsung bantuan kepada mustahik yang sedang terbaring sakit di rumahnya (foto: andre/pktv

Bontang. Sebagai salah satu upaya PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) dalam mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat, serta untuk menggulangi kemiskinan di kota Bontang. Melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pupuk Kaltim menyalurkan zakat kepada 15 mustahik yang ada di Pulau Gusung, Kelurahan Guntung, Kecamatan Bontang Utara.

Zakat yang berupa sembako, bersumber dari gaji karyawan Pupuk Kaltim yang tiap bulan dikumpulkan oleh Tim UPZ dan nantinya akan didistribusikan kepada 8 asnaf di seluruh wilayah kota Bontang.

Selain untuk mengoptimalkan pengumpulan zakat karyawan, peran unit pengumpul zakat sendiri yakni melanjutkan dan menguatkan program yang digagas perusahaan dan pemanfaatan zakat bersinergi dengan berbagai lembaga di kota Bontang.

Genaral Manajer Umum Pupuk Kaltim sekaligus Ketua Unit Pengumpul Zakat Nur Sahid, menjelaskan bahwa pihaknya sebagai pengumpul zakat para karyawan Pupuk Kaltim, bertugas untuk menyalurkan zakat kepada mustahik yang ada di kota Bontang.

“Kegiatan penyaluran zakat ke pulau gusung ini merupakan yang pertama kali dilakukan Tim UPZ sejak terbentuknya UPZ 3 bulan terakhir. Dan dari data yang diterima tim UPZ, ada sebanyak 343 mustahik yang ada di Kelurahan Guntung,” jelasnya.

Mewakili Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang, Sekeretaris Kecamatan Bontang Utara Chahyo Hadi, mengucapkan terima kasih kepada UPZ Pupuk Kaltim yang telah menyalurkan zakat para karyawannya.

“Saya berharap, produksi Pupuk Kaltim berjalan dengan lancar dan semakin besar, sehingga zakat yang diberikan juga semakin besar,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Lurah Guntung Ida Idris juga mengatakan hal serupa. Dirinya mengaku penyaluran zakat tersebut sangat membantu ekonomi masyarakat di Kelurahan Guntung, terutama di Pulau Gusung.

“Sangat mengapresiasi upaya Tim UPZ  dalam meninjau langsung rumah para mustahik selalu melibatkan aparat Kelurahan Guntung,” terangnya

Zakat yang disalurkan kepada para mustahik berupa paket sembako yang berisi beras 10 kilogram, gula 1 kilogram, minyak goreng 2 liter, dan tepung.

Salah satu warga penerima zakat yaitu Masdar, mengucapkan sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pupuk Kaltim yang telah membantu memenuhi kebutuhan dapur para mustahik di Pulau Gusung.

Usai menyerahkan zakat yang berupa paket sembako di Masjid Al-Wahid, Ketua UPZ Pupuk Kaltim beserta rombongan mendatangi rumah salah satu mustahik yang sedang terbaring sakit, sekaligus memberikan paket sembako kepada mustahik tersebut.

Laporan: Ervi | Andre

 

Click to comment
To Top